Senin, 27 Februari 2017

Blue Fin Trevally_Krakatoa_Lampung

Bersama teman-teman dari Insane Fishing Club, Jakarta, saya mendapat kesempatan untuk mencoba salah satu tehnik memancing di sekitar perairan pulau Krakatoa, Lampung Selatan.

Langsung menuju spot-spot di karang dangkal, kami mencoba dengan tehnik popping dan casting. Dengan target ikan giant trevally, tenggiri, blue fin trevally.

Saya mencoba memainkan tehnik casting, menggunakan joran casting Zabre(kreol strike), minnow hardcore. Yang lain bermain popping di bagian depan boat, sementara saya bermain casting di bagian belakang kapal.

Setelah beberapa kali mencoba melemparkan minnow ke sekitar ombak, arus deras- akhirnyaaa STRIKEE. Seekor  ikan berhasil hook-up di minnow saya. Dengan terus menggulung reel untuk menjaga tension dengan ikan, saya mencoba memainkan joran, supaya ikan segera merapat ke pinggir kapal. Akhirnya seekor blue fin trevally yang sukses mendarat di atas kapal. Sungguh menyenangkan bisa menaikkan salah satu ikan target.

Blue fin trevally(the trevally sirip biru), memiliki nama latin Caranx melampygus. Nama lainnya cukup banyak, antara lain : jack sirip biru, king sirip biru, crevalle bluefinned, dan ulua biru.
The trevally sirip biru, banyak tersebar di perairan tropis samudra Hindia dan Pasifik, mulai dari Afrika Timur hingga ke Amerika Tengah, termasuk dari Jepang sampai Australia.
Ikan ini bisa tumbuh dengan panjang lebih dari 1meter dan berat lebih dari 40kg.
Spesies ini mudah dikenali dari sirip birunya, moncong yang meruncing, dan banyak bintik-bintik biru dan hitam di kedua sisi bagian atas.
Blue fin trevally gemar mendiami lingkungan perairan pantai, seperti teluk, laguna, dan terumbu dangkal.
Spesies ini merupakan ikan predator yang kuat, dengan gemar berburu cumi dan krustasea.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar