Selasa, 14 Februari 2017

Mengunjungi Alun-alun Patuxai, Laos

Patuxai(dalam bahasa Laos) memiliki arti sebagai Gerbang Kemenangan atau Gerbang Kejayaan. Patuxai dikenal sebagai sebuah monumen perang di pusat kota Vientiane, Laos. Monumen ini dibangun antara tahun 1957 dan 1968, untuk dipersembahkan bagi orang-orang yang telah berjuang dalam merebut kemerdekaan dari Perancis. Desain di dalam bangunannya, banyak dihiasi dengan makhluk mitologi seperti kinnari (setengah-perempuan, setengah burung)

Saya, berkesempatan mengunjungi monumen ini pada saat proses peliputan salah satu program travelling tv swasta, untuk membuat materi tentang kehidupan umat muslim di beberapa negara ASEAN.
Kami ditemani dua orang guide lokal. Mereka sangat ramah dan banyak membantu dalam proses peliputan kami. Mereka banyak memberikan saran "angle" yang naik tentang Patuxai. Dan secara detail menceritakan tentang sejarah Patuxai.
Di Indonesia, belum banyak saya jumpai monumen atau tugu-tugu peringatan tentang cerita sejarah perjuangan para pahlawan bangsa yang cukup mengesankan di benak masyarakat. Beberapa yang ada, hanya memberikan informasi saja. Bahkan kadang, kita merasa "angker" untuk memasukinya.
Padahal, jika dikelola dengan seksama, semua bisa menjadi kebanggaan seluruh bangsa, seperti halnya Monumen Patuxai.
Sungguh sebuah pengalaman perjalanan yang mengesankan dan tidak terlupakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar