Selasa, 14 Maret 2017

Mancing Ruby Snapper Besar di Samudra Hindia



Perairan laut dalam sekitar Samudra Hindia antara Pulau Jawa dan Sumatera sangat menjanjikan menjadi tempat bermain sport fishing. Spot-spot di kedalaman 100 hingga 200 meter masih menjadi surga bagi ikan-ikan predatornya dan juga ikan-ikan nocturnal. Dengan perlengkapan dan peralatan yang memadai, para angler bisa menjelajah spot-spot ini.


Ruby Snapper
Salah satu ikan target yang menjadi favorit para angler adalah Ruby Snapper atau juga biasa disebut dengan Snapper Ekor Panjang. Ruby Snapper sangat mudah dikenali karena dominasi warna merah di atas badannya memanjang dari depan hingga ekor, di bagian tengah berwarna merah mudah hingga dibagian bawah berwarna putih.

Ikan ini banyak tersebar di perairan tropis Indo-barat dan juga Pasifik Tengah. Sementar di perairan Australia, Ruby Snapper bisa ditemukan di bagian utara hingga barat Australia Barat, dan di bagian timur Queensland. Dan kadang-kadang juga ditemukan di bagian selatan Australia. Makanan yang sering menjadi targetnya adalah cumi-cumi, ikan-ikan kecil, dan juga krustasea.

Ruby Snapper merupakan ikan komersil dan banyak didistribusikan di pelelangan ikan. Ikan yang berada dalam keluarga Lutjanidae memiliki daging yang tebal dan rasa yang manis. Sangat cocok untuk di olah dengan bumbu-bumbu tradisional Indonesia.

Isamu Jigger
Joran yang saya gunakan adalah joran jigging Isamu Jigger keluaran dari pabrik Kreol Strike, Australia. Blanknya merupakan sebuah produk yang ramping untuk sebuah joran jigging, dan di desain untuk bermain dengan ikan-ikan laut dalam. Joran ini sangat nyaman untuk meng-handle-nya, saat fight dengan ikan besar. Selain itu kekuatan yang bertumpu di tengah hingga ke depan rod, membuat joran ini ringan dan nyaman dalam penggunaannya untuk bermain dengan ikan laut dalam. 
Joran Isamu Jigger, memiliki spesifikasi panjang 5inch, berat lure 450gr, PE 6-8, 1 pieces, dan maksimal drag adalah 18kg.

Umpan yang saya coba mainkan adalah dengan umpan potongan ikan tongkol. Dengan desain tiga mata kail besar yang di sambung dengan tali sling dan pemberat nomor 12, memberikan kepercayaan diri untuk mendapatkan hook-up ikan target dengan maksimal.

Selamat memancing!!

stop BOM, stop RACUN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar